LEMBAGA PENJAMINAN MUTU INTERNAL (LPMI)

LEMBAGA PENJAMINAN MUTU INTERNAL mempunyai tugas melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan mengevaluasi kegiatan pengembangan dan penjaminan mutu pembelajaran ( pendidikan dan pengajaran ) dan non-pembelajaran ( umum dan keuangan ).

A. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 70, Lembaga Penjaminan Mutu Internal menyelenggarakan fungsi :
(1) penyusunan rencana, program, dan anggaran Lembaga;

(2) pelaksanaan pengelolaan mutu akademik ( pembelajaran, penelitian & pengabdian masyarakat ), melalui :
a. pelaksanaan pengembangan pembelajaran, penelitian & pengabdian masyarakat.
b. pelaksanaan peningkatan mutu proses pembelajaran, penelitian & pengabdian masyarakat;
c. pelaksanaan pengembangan sistem penjaminan mutu pembelajaran,penelitian & pengabdian masyarakat;
d. pelaksanaan penjaminan mutu pembelajaran,penelitian & pengabdian masyarakat;
e. pelaksanaan pemantauan dan evaluasi mutu pembelajaran,penelitian & pengabdian masyarakat;
f. pelaksanaan audit internal dan perbaikan proses pembelajaran, penelitian & pengabdian masyarakat.

(3) pelaksanaan pengelolaan mutu non-akademik, melalui :
a. pelaksanaan pengembangan kegiatan tata usaha, rumah tangga, sarana prasarana, hukum, kelembagaan/ketatalaksanaan dan kepegawaian;
b. pelaksanaan peningkatan mutu proses tata usaha, rumah tangga, sarana prasarana , hukum, kelembagaan/ketatalaksanaan, keuangan dan kepegawaian;
c. pelaksanaan pengembangan sistem penjaminan mutu tata usaha, rumah tangga, sarana prasarana , hukum, kelembagaan/ketatalaksanaan, keuangan dan kepegawaian;
d. pelaksanaan penjaminan mutu tata usaha, rumah tangga, sarana prasarana, hukum, kelembagaan/ketatalaksanaan dan kepegawaian;
e. pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pengembangan dan penjaminan mutu tata usaha, rumah tangga, sarana prasarana , hukum, kelembagaan/ketatalaksanaan dan kepegawaian;
(4) pelaksanaan urusan administrasi Lembaga.

B. Lembaga Penjaminan Mutu Internal terdiri atas dan dengan tugas :
a. Ketua mempunyai tugas memimpin dan mengelola lembaga sesuai dengan tugas dan fungsi lembaga;
b. Subbagian Administrasi Jaminan Mutu mempunyai tugas membantu tugas – tugas Ketua dalam menyusun sistem, kebijakan, manual, SOP, dokumen Mutu Universitas;
c. Subbagian Administrasi Tata Usaha & Sistem Informasi mempunyai tugas melaksanakan urusan administrasi Lembaga, laporan & SIM Mutu, dengan rincian tugas melakukan urusan perencanaan, ketatausahaan, kerumahtanggaan, keuangan, kepegawaian, dan barang milik negara serta melakukan pengumpulan, pengolahan, dan layanan data dan informasi serta penyusunan rencana, program, kegiatan, dan anggaran pengembangan dan penjaminan mutu pendidikan.
d. Kelompok Jabatan Fungsional.

Catatan : Kelompok Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud diatas mempunyai tugas melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugas jabatan fungsional masing-masing sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

* Tim Monitoring & Evaluasi Internal mempunyai tugas membantu tugas-tugas Ketua dalam pelaksanaan, pengawasan/ monitoring & evaluasi kegiatan Jaminan Mutu dilingkungan Universitas Amir Hamzah, yang terdiri dari unsur LPMI, Ka. BIRO & LEMBAGA serta Tenaga Kependidikan yang diangkat berdasarkan penugasan dari Ketua LPMI untuk periode tertentu.

* Tim Audit Internal mempunyai tugas membantu tugas-tugas Ketua dalam pelaksanaan pemeriksaan/audit kegiatan Jaminan Mutu dilingkungan Universitas Amir Hamzah, yang terdiri dari unsur LPMI, Wakil Rektor, serta Dosen yang memiliki Sertifikat Auditor Mutuk, yang diangkat berdasarkan penugasan dari Ketua LPMI untuk periode tertentu.

e. Pusat. Pusat Penjaminan dan Pengendalian Mutu yang disingkat P3M, adalah unit kerja pada Fakultas dengan tugas dan fungsi melaksanakan urusan Penjaminan dan Pengendalian Mutu pada aras Fakultas, yang bersinergi dengan Dalam menyelenggarakan kegiatan sebagaimana dimaksud, Rektor dapat menunjuk dosen/tenaga fungsional sebagai Koordinator berdasarkan usulan Dekan, dan berada langsung dibawah Dekan, dan dikoordinasikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Pusat Penjaminan dan Pengendalian Mutu yang disingkat P3M, secara organisasi berkoordinasi dengan Lembaga Penjaminan Mutu Internal pada aras Universitas. Pembentukan dan penutupan Pusat dilakukan oleh Rektor sesuai dengan kebutuhan.